Belajar Menjahit Otodidak

Tips dan Trik, 2019-06-29

Menjahit selain sebagai sarana untuk mengasah kreatifitas, juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang menjajikan jika ditekuni dengan serius. Belajar menjahit harus dilakukan secara kontinyu, serta dibarengi dengan seringnya melakukan latihan. Karena praktek merupakan kunci keberhasilan dari belajar menjahit, sehingga jangan berhenti ketika anda mengalami kegagalan.

Untuk menjadi seorang penjahit yang profesional dengan hasil karya yang luar biasa tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, apalagi hanya dengan belajar menjahit secara otodidak. Sebagai pelajar otodidak, mulailah dengan materi-materi yang ringan dan mudah tanpa terburu-buru mengejar target, yang membuat anda berada dalam tekanan. Yang terpenting anda tetap fokus belajar dan sebisa mungkin menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan.

Dari pengalaman saya belajar secara otodidak, biasanya materi tidak tersusun secara sistematis, hal seperti inilah yang dapat membuat proses belajar menjahit jadi lebih lama. Disamping itu, besar kemungkinan ada hal-hal yang merupakan teknik dasar menjahit banyak terlewati untuk dipelajari. Padahal tanpa penguasaan teknik jahit yang benar, anda tidak akan bisa menghasilkan jahitan yang rapi, bahkan bisa jadi banyak menemui kendala yang akhirnya menurunkan mood atau semangat dalam belajar. Padahal untuk pemula apalagi mereka yang sama sekali tidak memiliki dasar menjahit atau mungkin bahkan belum pernah megang mesin jahit sekalipun, penguasaan terhadap mesin dan keseimbangan dalam mengoperasikan mesin sangatlah dibutuhkan untuk dikuasai. Hal ini mungkin terlihat sepeleh, namun memberi pengaruh yang besar untuk kesuksesan belajar anda yang masih terbilang pemula.

Sehingga bagi pemula, hal yang harusnya pertama dilakukan adalah belajar menginjak dinamo. Hal ini sangat penting agar anda bisa merasakan injakkan kaki untuk mengendalikan laju putaran mesin jahit. Setelah mampu mengendalikan putaran mesin, barulah beranjak belajar menjahit tanpa benang diatas kertas yang terdiri dari garisan lurus dan melingkar. Berlatihlah hingga tidak ada lagi jahitan yang keluar dari garisan yang ada. Jika anda berhasil melakukan jahitan di atas kertas ini dengan baik, maka lanjutkan dengan praktek menjahit menggunakan benang dan kain. Nah, disinilah anda bisa belajar cara mengunci jahitan, mengatur jarak antar jahitan, membuat kelim atau lipatan dan penerapan teknik-teknik dasar menjahit lainnya.



Index Blog